Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Wednesday, October 9, 2013

PostHeaderIcon Tim Asistensi Wilayah X Surabaya Bahas Hasil Inventarisi dan Penelitian Atas ABMA/C



Tim Asistensi Wilayah X Surabaya menyelenggarakan rapat pembahasan hasil Inventarisasi dan Penelitian (IP) atas Aset Bekas Milik Asing/Cina (ABMA/C. Rapat yang diselenggarakan pada hari Selasa (08/10/2013) bertempat di Hotel Meritus Surabaya dihadiri oleh anggota Tim Asistensi dari semua unsur termasuk semua Kepala KPKNL di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur. 
Mengawali acara, Guntur Riyanto, Kepala Bidang PKN sekaligus Wakil Ketua II menyampaikan laporan kepada Ketua Tim Asistensi.  Dalam laporannya tersebut, Guntur menyampaikan bahwa materi dalam rapat tersebut difokuskan terhadap pembahasan atas ABMA/C yang telah di IP. Jumlah ABMA/C yang telah dilakukan IP sejumlah 14 Aset yang tersebar di beberapa daerah seperti Jember, Probolinggo, Bojonegoro, dan Kediri. “ Tujuan atau goals dari pelaksanaan rapat ini adalah untuk menghasilkan solusi penyelesaian berupa rekomendasi yang berkualitas dan matang ke Tim Penyelesaian Pusat,” terang Guntur, Kabid PKN Kanwil DJKN Jatim.
 Setelah penyampain laporan oleh Kabid PKN, rapat kemudian secara langsung dibuka oleh Kakanwil DJKN Jatim, M. Djalalain. Dalam sambutanya beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kehadiran semua anggota walaupun dalam waktu yang sempit dan beban tugas yang banyak masih bersedia menyempatkan diri untuk hadir mengikuti rapat pembahasan bersama Tim Asistensi. “ Semoga semuanya dapat mengikuti rapat ini dengan khidmat dan  tuntas agar sesuai dengan agenda rapat yang telah ditetapkan,” ujarnya.
 Menurut Kakanwil, penyelesaian ABMA/C merupakan tugas berat karena merupakan warisan dari masa lalu yang harus ditertibkan dan penetapannya berdasarkan Peraturan Penguasa Perang Pusat Nomor Prt/Peperpu/032/1958 jo. Keputusan Penguasa Perang Pusat Nomor Kpts/Peperpu/0439/1958 jo. Undang-Undang Nomor 50 Prp. Tahun 1960 dimana ABMA/C diperoleh dari aset-aset organisasi cina terlarang yang telah dirampas. “ Ini merupakan berkas warisan masa lalu. Sekarang kita berada dalam era reformasi birokrasi dimana masyarakatnya lebih demokratis. Oleh karena itu kita harus melakukan pekerjaan ini dengan lebih cermat dan teliti,” ujarnya.
 “ Saya harapkan acara berjalan lancar. Tentunya kontribusi dan peran aktif semua peserta dapat secara nyata hadir disini untuk menghasilkan rekomendasi ke Tim Penyelesaian Pusat sesuai dengan data-data terkini. Dengan ucapan Bismillahirrohmanirrohim...rapat ini secara resmi saya buka,” pungkasnya.


Kabid PKN, Guntur Riyanto selaku moderator memandu pelaksanaan rapat yang dilaksanakan dengan pemaparan hasil IP masing-masing objek ABMA/C terlebih dahulu untuk kemudian dimintakan saran dan masukan dari masing-masing peserta sebelum diputuskan oleh Ketua Tim Asistensi. Meskipun cuaca kota Surabaya sedang berada pada puncak panas, hal tersebut tidak menyurutkan semangat peserta rapat untuk memberikan saran dan masukan. Sebagian besar saran dan masukan yang diberikan dalam rangka penyempurnaan seperti melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan antara lain surat permohonan dan pernyatan dari pihak ke-3 yang akan mengajukan permintaan atas ABMA/C dan surat keterangan dari Kantor Pertanahan terkait verifikasi dan konfirmasi kejelasan status tanah yang meliputi riwayat/kronologis kepemilikan, luas, batas, dan lokasi tanah. 

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga