Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Wednesday, May 15, 2013

PostHeaderIcon Communication Skill Untuk Peningkatan Kinerja Pegawai


“Sebagai Pegawai Kementerian Keuangan kita semua dituntut untuk selalu dapat memberikan hasil kinerja yang bagus dan  sukses dalam setiap aktivitas kerja. Setiap pejabat di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur yang mengikuti pelatihan ini harus mengetahui beberapa kunci sukses antara lain harus memiliki lebih banyak pengetahuan dan wawasan, bisa bekerja lebih keras, memiliki kemampuan berkomunikasi yang bagus, dan bisa menghidupkan ruh nilai-nilai Kementerian Keuangan yaitu selalu bekerja dengan hati dalam setiap kehidupan sehari-hari,” demikian arahan yang disampaikan Kakanwil DJKN Jawa Timur, Lalu Hendry Yujana dalam pembukaan acara Capacity Building SDM Kanwil DJKN Jawa Timur.
 

Acara yang bertemakan “ Communication Skill Training ” yang merupakan lanjutan dari rangkaian acara sebelumnya tersebut diselengarakan dengan menggandeng lembaga trainer kenamaan, John Robert Powers Surabaya. Kegiatan yang diselenggarakan selama 2 hari dan dibuka pada tanggal 07 Mei tersebut dilaksanakan kantor John Robert Powers Surabaya, Jalan Embong Kemiri Nomor 4 Surabaya dan diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon III dan beberapa pejabat eselon IV di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur.
 Di awal sambutannya, Kakanwil menyampaikan bahwa saat ini berbagai permasalahan dan  tantangan dalam dunia kerja semakin berat dan kompleks. Dan tentunya hal tersebut harus bisa memacu semangat dan gairah bekerja setiap pegawai. Belum lagi permasalahan yang muncul di antara sesama pegawai yang kedepannya jika tidak tertangani dengan baik bisa memunculkan konflik yang berlarut-larut. Oleh karena  itu sebagai seorang pemimpin harus bisa memberikan pemecahan masalah (problem solving), mengambil keputusan dengan tepat (decision maker), memberikan arahan (guidance), memberikan motivasi dan inspirasi ke bawahan. “ Dalam bekerja kita jangan terlalu menilai orang lain agar kita bisa menyayanginya,” pesannya.
 

 Dalam bekerja, di dalam hati nurani kita  perlu dikembangkan sikap mencintai sesama agar tumbuh sikap menghargai dan tolong menolong dan hal ini merupakan pondasi bagi terbentuknya sebuah sinergi yang baik. “ Stress merupakan hal yang pasti dihadapi dan dialami oleh setiap pegawai disini.  Yang terpenting adalah bagaimana dengan cepat menangani dan mengelolannya. Oleh karena itu disini saya bekerja sama dengan John Robert Power agar bisa menangani permasalahan yang ada, antara lain stress dan menjadikannya sebuah kekuatan. Saya harapkan agar di pelatihan ini, John Robert Power dapat menjadikan SDM dengan kualitas terbaik dan tertinggi,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Umum Kanwil  DJKN Jawa Timur, Heyang Muhanan Kahuripi, menyampaikan bahwa acara pelatihan tersebut merupakan salah satu Indikator Capaian Kinerja (IKU) Kanwil DJKN Jawa Timur. “ Saya berharap pelatihan ini dapat memberikan hasil positif bagi semua peserta yang mengikutinya. Tentunya, setelah kegiatan ini selesai dapat mendorong produktivitas kerja meningkat,” harapnya.
 Pelatihan tersebut dikemas dalam suasana santai dan  releks dan disampaikan dengan menggunakan metode pendidikan  andragogi, yaitu pembelajaran dan pendidikan untuk orang dewasa. Setiap materi yang disampaikan oleh narasumber, setiap peserta diminta untuk memberika respon dan umpan balik (feedback). Dalam kesempatan tersebut, beberapa materi yang disampaikan meliputi personal dan team motivation, stress management, internal customer care, dan exit interview




0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga