Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Thursday, April 25, 2013

PostHeaderIcon Rakorda Kanwil DJKN Jawa Timur : “Implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan untuk Meningkatkan Capaian Kinerja Tahun 2013 dan Pelayanan kepada Pemangku Kepentingan”


Kanwil DJKN Jawa Timur pada tanggal 17 s.d. 19 April 2013  menyelenggarakan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) bertempat di  KPKNL Madiun. Rakorda yang merupakan salah satu IKU Kanwil  DJKN Jawa Timur diikuti oleh seluruh Kepala KPKNL dan Kepala Bidang/Kepala Bagian Umum, beberapa Kepala Seksi dan pegawai di lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya. Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk melakukan  koordinasi sekaligus melakukan evaluasi  kinerja Kanwil dan  KPKNL di lingkungan  Kantor Wilayah  DJKN Jawa Timur.  Dalam Rakorda tersebut tema yang diusung adalah Implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan untuk Meningkatkan Capaian Kinerja Tahun 2013 dan Pelayanan kepada Pemangku Kepentingan”.
Terdapat beberapa hal yang menjadi fokus dalam Rakorda ini, antara lain: evaluasi kinerja, isu strategis, dan prognosa sampai dengan akhir tahun 2013. Evaluasi kinerja dilakukan untuk capaian IKU selama periode Triwulan I 2013. Pembahasan isu strategis bertujuan untuk memahami permasalahan terkait bidang tugas dan fungsi DJKN sekaligus untuk mencari solusi dan masukan-masukan guna perbaikan organisasi ke depan. Sedangkan prognosa capaian IKU sampai dengan akhir tahun 2013 disusun sebagai perencanaan strategis yang mendukung pencapaian IKU-IKU pada Kontrak Kinerja tahun 2013. Selain itu, dalam Rakorda ini juga dirumuskan usulan dan masukan melalui kajian yang akan disampaikan kepada Kantor Pusat DJKN untuk perbaikan dalam perumusan peraturan, revisi peraturan, dan kebijakan Kantor Pusat DJKN.
Rakorda tersebut dibuka dan dipimpin secara langsung oleh Kakanwil DJKN Jawa Timur, Lalu Hendry Yujana. Mengawali arahannya, Kepala Kantor Wilayah menyampaikan bahwa seluruh jajaran Kantor Wilayah DJKN Jawa Timur harus fokus dan meminta agar Rakorda yang dilaksanakan harus didedikasikan dengan ikhlas dan tulus untuk mendukung keberhasilan tugas dan fungsi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara guna pembangunan bangsa kedepan.  Kepala Kantor Wilayah mengingatkan kembali bahwa visi Kementerian Keuangan sekarang telah berubah dari  semula “Menjadi Pengelola Keuangan dan Kekayaan Negara yang Dipercaya dan Akuntabel untuk Mewujudkan Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan”  Sekarang berubah menjadi “Menjadi Pengelola Keuangan dan Kekayaan Negara yang Dipercaya, Akuntabel, dan Terbaik di Regional untuk Mewujudkan Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan”
Perubahan visi tersebut menandakan adanya reformasi birokrasi dan transformasi organisasi dan kultural. Indikator-indikator yang menandakan tercapainya visi tersebut adalah korupsi, kolusi, dan nepotisme harus tidak ada lagi. Pola pikir kita harus berubah. Menteri Keuangan menginginkan Kementerian Keuangan dapat naik kelas dan menjadi yang terbaik di lungkup regional pada tahun 2014.  DJKN adalah organisasi yang unik. Keunikan tersebut terkait dengan organisasi dan tugas-tugasnya, antara lain multi interaksi dan keragaman pemangku kepentingan, variasi tugas yang luas dengan kompleksitas yang beragam dengan spektrum luas, high risk dengan kompleksitas mitigasi resikonya, political risk (nasional/lokal), distinctive unit, regulasi masih banyak yang perlu ditata, reputation risk dan image buildin, harapan pemda terus meningkat ke DJKN, dan dinamika organisasi terus berkembang.
Bekerjalah  dengan hati. Semua pegawai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Timur harus meresapi arahan ini, untuk menumbuhkan nilai integritas dalam diri setiap pegawai. Selain itu harus memiliki Spirit of The Corp dimana semua pegawai harus cinta pada organisasi dimana kita bekerja, menumbuhkan rasa saling menghormati, menghargai baik kepada sesama pegawai maupun kepada pimpina,”  tandas Kakanwil.
Dalam kesempatan tersebut beberapa arahan yang bersifat umum yang disampaikan Kakanwil  meliputi :
1.         Rule keeping, tidak boleh rule breaking.
2.         Continous improvement.
3.         Deliver dan speed-up.
4.         Government harus berjalan sepenuhnya.
5.         Risk Mitigation harus berjalan baik.
6.         Customer Focus.
7.         Harus tetap menjaga prestasi untuk terus tumbuh dan berkesinambungan dan menjadi institusi yg produktif.
8.         Membangun trust dan komunikasi yang baik dengan stakeholders, tidak ada conflict of interest.
9.         Komunikasi tertulis dan verbal harus baik, jangan misleading.
10.     Kita harus punya satu loyalitas yaitu kepada negara.
11.     Harga diri sebagai pejabat atau staf harus dijaga.
12.     Tidak boleh ada Fraud sama sekali, jika ada langsung dihentikan
13.     Confidentiality of documents.
14.     Hubungan kerja harus informal tidak tegang, tapi proper dan target oriented/result oriented.
15.     Seluruh warga Kementerian Keuangan harus low profiletetapi organisasi harus high profile
 

Sementara itu arahan yang bersifat khusus yang disampaikannya, meliputi :
1.         Peran pemimpin, values, dan kultur.
2.         Kinerja organisasi harus baik (IKU/target kinerja, profil risiko, SOP layanan unggulan, pengendalian intern/SPI, pelayanan kepada pegawai sendiri).
3.         Koordinasi diperbaiki, juga sinergi (intern dan ekstern).
4.         Temuan BPK diselesaikan untuk WTP 2011.
5.         Penertiban dan rekonsiliasi BMN dijaga Betul + Penyusutan.
 

Mengakhiri arahannya, Kakanwil meminta agar Capaian Indikator Kinerja Utama (IKU), baik secara individu (yang tercermin dalam Nilai Kinerja Organisasi (NKO) atau Nilai Kinerja Pegawa (NKP)) harus lebih dari atau sama dengan 100%. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini Menteri Keuangan meminta seluruh jajaran di lingkungan Kementerian Keuangan untuk berubah cepat, dimana perubahan tersebut mencakup aspek teknis dan aspek orang serta memastikan values pada Kemenkeu harus berjalan dengan baik. “ Saya minta agar laporan-laporan di bidang keuangan, Manajemen Resiko, SPIP, SOP Layanan Unggulan, dan lain-lain harus diterapkan sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku. Dan mudahan-mudahan semua ini bisa menjadi spirit  dalam Rakorda kali ini,” tegas Kakanwil



3 comments:

taruhan bola said...

Sukses ya buat acaranya

jeka said...

Wah mantabs bos,.postingnya,..lanjutkan

Jawara Kampung said...

Sukse tuk acaranya nih

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga