Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Monday, February 18, 2013

PostHeaderIcon Pelantikan Pemeriksa Di KPKNL Sidoarjo Dalam Rangka Percepatan Pencapaian Zero Outstanding Piutang Negara

 Seiring dengan adanya Putusan Mahkamah Konstitusi No. 77/PUU-IX/2011 tanggal 25 September 2012 yang berdampak pada terhentinya pengurusan piutang negara penyerahan BUMN/BUMD, baik perbankan maupun non perbankan sehingga terhadap piutang tersebut akan dikembalikan kepada masing-masing penyerah piutang, maka dalam proses pengembalian tersebut perlu dilakukan verifikasi dan validasi piutang  negara baik menyangkut jumlah BKPN, nilai piutangnya, dan dokumen yang diperlukan sehingga dapat dihindari permasalahan hukum di kemudian hari.
Sebagai bentuk percepatan penyelesaian piutang negara yang membutuhkan upaya-upaya maksimal dalam pengurusannya, Jumat (15/01/2013) bertempat di ruang rapat KPKNL Sidoarjo, Kakanwil X DJKN Surabaya, Lalu Hendry Yujana  melantik tiga orang pemeriksa pada KPKNL Sidoarjo, yaitu Abdul Mukhid, Chairul Anam, dan Abd. Choliq.

Dalam acara pelantikan tersebut, bertindak sebagai saksi adalah Kepala KPKNL Sidoarjo, Wildan Ahmad Fananto dan Kepala Bidang Piutang Negara, Tredi Hadiansyah. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan SK Menteri Keuangan tentang pengangkatan tenaga pemeriksa, pelantikan pemeriksa oleh Kakanwil dengan didampingi rohaniawan, penandatanganan Berita Acara Pengangkatan Sumpah Pemeriksa, pembacaan dan penandatanganan Naskah Pelantikan, sambutan dan pengarahan  Kakanwil, penutup dan pemberian ucapan selamat.
 “ Tugas pemeriksa disini cukup berat. Saya respek terhadap kinerja KPKNL Sidoarjo yang sudah baik sejauh ini. Agar bisa menjalankan tugas sebagai seorang pemeriksa, Saudara semua harus menancapkan niat yang kuat, kokoh, dan dalam. Jadikan semua itu sebagai ibadah,” pesan Kakanwil.
Dalam arahannya Kakanwil menegaskan bahwa seorang pemeriksa memiliki tugas pemeriksaan yang berhubungan dengan  penanggung hutang/penjamin hutang/ahli waris, barang jaminan hutang, dan mengukur kemampuan membayar hutang si debitor. Pemeriksa  mempunyai tugas mencari, meneliti, dan mengumpulkan keterangan atau bukti-bukti yang berhubungan dengan objek pemeriksaan dan melakukan wawancara atau meminta penjelasan dari berbagai pihak yang berkaitan dengan objek pemeriksaan “ Semua tugas tersebut sulit, berat, dan menantang. Tapi jika Saudara menjalaninya dengan keyakinan dan kemauan pasti bisa,” ujarnya.

Beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar oleh seorang pemeriksa antara lain seorang pemeriksa tidak boleh melakukan pemeriksaan tanpa disertai surat tugas, tidak boleh bertindak melampaui kewenangan, tidak boleh menerima pembayaran langsung (harus melalui rekening bendaharawan penerima), dan lainnya. “ Pemeriksa disini harus bisa memastikan bahwa proses verifkasi dan validasi piutang yang akan dikembalikan berjalan lancar dan aman. Saudara harus tetap menjaga capaian kinerja KPKNL Sidoarjo baik bahkan bisa meningkat dan mendorong penyerahan piutang baru (piutang daerah) dari Pemda,” ujar Kakanwil.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga