Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Tuesday, February 26, 2013

PostHeaderIcon Kanwil X DJKN Dorong Awareness Pengelolaan BMD Pada Bupati dan DPRD Kabupaten Madiun


Dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Madiun, selain melaksanakan pelantikan Pejabat Lelang Kelas I pada KPKNL Madiun dan rapat koordinasi pembahasan pemanfaatan di TNI AU (Lanud Iswahjudi Madiun) dan TNI AD (Korem 081/Dhirotsaha Jaya), Kakanwil X DJKN Surabaya, Lalu Hendry Yujana melaksanakan pengarahan terkait pengelolaan BMD di Kabupaten Madiun. Pengarahan yang diberikan Kakanwil pada hari Jumat (22/02/2013) tersebut dalam rangka untuk  memenuhi surat permintaan  dari Bupati Madiun.
Acara yang diselenggarakan di Kantor Bupati Madiun tersebut diikuti langsung oleh Bupati Madiun, Muhtarom, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun, Pejabat utama di lingkungan Pemkab Madiun, para Kepala SKPD, dan Pejabat di lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya. Mengawali acara, Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Madiun menyampaikan laporan. Dalam laporannya Kepala DPPKA Kabupaten Madiun menyampaikan bahwa   maksud diselenggarakannya pengarahan tersebut untuk memberikan pengetahuan dan wawasan dan tentunya terjalin kerjasama yang baik dengan Kanwil X DJKN Surabaya dalam rangka penataan dan penertiban aset di Kabupaten Madiun. “  Kami berharap hal ini akan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan BMD di Kabupaten Madiun. Dan dalam waktu secepatnya dapat dilakukan inventarisasi dan penilaian guna mewujudkan kepastian hukum dan dapat mendorong pengelolaan aset untuk mendorong PAD,” ujarnya.
Selanjutnya, ditempat yang sama pula Kakanwil menyampaikan bahwa kehadiran beliau di Madiun adalah sebagai bentuk representasi dari Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara dan bentuk pengejawantahan dari spirit Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Dalam kesempatan tersebut beliau  memperkenalkan para pejabat Eselon III di Kanwil X DJKN Surabaya yang hadir. Beliau menyampaikan bahwa  agenda yang perlu dielaborasi dengan Pemkab Madiun yaitu beberapa hal yang penting yang dapat memastikan peran DJKN efektif di Pemkab Madiun. Beberapa hal yang menjadi agenda yang disampaikan oleh Kepala Kanwil X DJKN Surabaya, yaitu :
1.      Overview Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
2.      Arah manajemen aset daerah
3.      Peran DJKN terhadap peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemda
4.      Pembinaan dan penyelesaian piutang daerah
5.      Pembinaan dan penyelesaian lelang
6.      Percepatan penyelesaian aset personil, peralatan, pembiayaan, dan dokumen (P3D)
7.      Penyelesaian satker Dekon/TP
8.      Penyelesaian aset bekas milik asing/cina (ABMA/C) menjadi BMD untuk Pemkab Madiun
9.      Penyelesaian BMN pada satker Dekon/TP
10.   Usulan new initiative program aksi dalam upaya peningkatan akuntabilitas pengelolaan BMD di Pemkab Madiun
Kakanwil Surabaya menyampaikan bahwa Kanwil X DJKN Surabaya merupakan salah satu unit Eselon I di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya organisasi vertikal DJKN di Wilayah Jawa Timur  yang berkantor di Surabaya. Banyak peran tugas yang diemban oleh DJKN yang memiliki peran strategis, yaitu antara lain untuk memastikan kualitas LKPP, LKKL, dan LK Pemda (WTP 2011), Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Penilaian Barang Milik Negara/ Daerah, Pengurusan Piutang Negara/Daerah, Pelayanan Lelang Barang Milik Daerah /BUMD, Pengelolaan Kekayaan Negara/Daerah yang dipisahkan (Perusahaan Daerah/BUMD/BUMN), Pengelolaan Barang Milik Daerah di BLUD, Penyelesaian Aset Bekas Milik Asing/Cina untuk ke Pemda, Penyelesaian BMN dalam konteks DK/TP (hibah ke Pemda), Penguatan Kualitas SDM Pemda di bidang Manajemen Barang Milik Daerah, Piutang Daerah, Lelang Barang Milik Daerah, dan Penilaian Barang Milik Daerah.  
 Kedepannya, orientasi pengelolaan BMN/BMD lebih dititikbertakan kearah bagaimana mengelola aset untuk penguatan APBN/APBD melalui efesiensi anggaran, efektivitas anggaran, dan pemacu PAD daripada yang selama ini hanya penataausahaan (reporting). “ Mudah-mudahan dengan kondisi aset yang tertib akan lebih bisa meningkatkan  kualitas Laporan Keuangan Pemkab Madiun, penguatan kualitas APBD melalui efesiensi anggaran, efektivitas anggaran, serta peningkatan PAD. Hal itu semua bisa dicapai melalui pengelolaan aset yang baik,” papar Kakanwil
Berdasarkan data yang diperoleh, saat ini Laporan Keuangan Pemkab Madiun memperoleh opini WDP dari BPK RI. Sebagian besar ganjalan untuk memperoleh opini WTP adalah permasalahan terkait aset. “ Saya datang kesini ingin mendorong agar opini WTP dapat diraih oleh Pemkab Madiun tahun ini. Hal ini dapat diwujudkan dengan penertiban aset melalui kegiatan inventarisasi dan penilaian yang merupakan usaha nyata menuju perbaikan kualitas laporan keuangan,” terang Kakanwil
Menurut Kakanwil, berdasarkan new inisiatives program aksi dalam  upaya peningkatan kualitas pengelolaan BMD di Pemkab Madiun yang disampaikannya, perlu penanaman kesadaran yang dalam dan kuat dalam pengelolaan BMD, baik eksekutif maupun legislative. Oleh karena itu perlu dibangun sinergi yang baik antara Bupati dan DPRD.


0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga