Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Tuesday, January 15, 2013

PostHeaderIcon Kakanwil X DJKN Surabaya : Rencana Kerja Harus Mengacu Pada Destination Statement

Seiring dengan telah berakhirnya tahun anggaran 2012 dan dimulainya tahun anggaran 2013, Kanwil X DJKN Surabaya menyelenggarakan rapat koordinasi penyusunan Laporan Keuangan Semester II 2012, penyusunan rencana kerja, dan disbursement plan anggaran 2013. Kegiatan tersebut dikemas bersamaan dengan acara pisah sambut Kepala KPKNL Malang yang pindah tugas karena mutasi jabatan.
Acara tersebut diselenggarakan di Kota Batu dan dibuka langsung oleh Kakanwil X DJKN Surabaya, Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E.,Ak., M.M. serta dihadiri oleh semua pejabat eselon III, para Kasubag Umum, Kasubag Keuangan, dan pelaksana terkait dilingkungan Kanwil X DJKN Surabaya.
Penyusunan Laporan Keuangan merupakan amanat dari UU No 17/2003 tentang Keuangan Negara dan PMK 171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntasi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat, sebagaimana telah diubah dengan PMK 233/2011. Penanggung Jawab UAPPA Kanwil X DJKN Surabaya mempunyai tanggung jawab antara lain menyusun dan menyampaikan Laporan Keuangan tingkat wilayah yang ada di bawahnya.Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang diselenggarakan Kanwil DJKN bersama Satker KPKNL dilingkungannya sesuai dengan Lampiran V Perdirjen Perbendaharaan No : PER-65/PB/2010 tentang Pedoman Penyusunan Laporan keuangan Kementerian Negara/Lembaga, dimana tujuannya antara lain : 1.Mewujudkan tertib administrasi urusan keuangan yang cepat, tepat cermat, dan akurat. 2.Mewujudkan tertib administrasi persediaan barang yang akuntabel, cepat, tepat, cermat, dan akurat.
Kakanwil dalam sambutannya menyampaikan bahwa penyusunan laporan keuangan harus taat pada peraturan yang berlaku, pembukuannya harus up to date, penyajiannya wajar, dan laporan keuangan masing-masing KPKNL harus proper. Oleh karena itu pada saat menyusun laporan keuangan semua komponen yang ada termasuk rekening dana ekuitas baik yang bersifat lancar maupun investasi harus clear. “ Semua perserta disini harus ingat bahwa arus uang harus sama dengan arus barang. Oleh karena itu semua operator SAKPA dan SIMAK BMN harus paham dan menguasai semua itu,” tegas Kakanwil.
Beliau juga meminta agar semua perserta harus fokus untuk menyusun rencana kerja 2013. Rencana kerja tersebut tidak boleh main-main asal susun, rata-rata air, namun harus challenging termasuk antisipasi terhadap kegiatan yang akan muncul di kemudian hari. “ Dalam penyusunan rencana kerja harus mengacu pada destination statement dan memperhatikan arahan-arahan Dirjen serta tingkat capaian harus dipenuhi. Selain itu Inisiatif-inisiatif baru harus menjadi perhatian misalnya penyusutan aktiva tetap, dan penyelesaian piutang negara,” terang Kakanwil.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga