Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Thursday, December 6, 2012

PostHeaderIcon Percepatan Penyelesaian BMN Yang Berasal Dari Dana Dekon/TP Di Lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya

Dalam rangka untuk mempercepat penyelesaian BMN yang berasal dari dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembatuan (Dekon/TP), pada hari selasa (27/11/2012) bertempat di aula Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Timur Jl. Raya Karangploso KM.4 Malang Kanwil X DJKN Surabaya melakukan diseminasi beberapa peraturan terkait pengelolaan BMN yang berasal dari dana Dekon/TP.
Abdul Malik, Kepala KPKNL Malang membuka acara yang diikuti oleh seluruh Satker Dekon/TP di wilayah kerja KPKNL Malang. Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Malang menyampaikan bahwa sejak era otonomi digulirkan sebagian wewenang Pemerintah Pusat telah diserahkan kepada Daerah Otonom dalam hal ini adalah para Pemerintah Daerah. Salah satu bentuk desentralisasi dan demi tercapainya program-program pembangunan nasional adalah dengan diberikannya dana Dekon/TP. Tujuan dari keduanya adalah untuk lebih meningkatkan efektivitas dan efesiensi penyelenggaran pembangunan serta pelayanan umum kepada masyarakat.
Dalam perjalanan waktu pelaksanaan program dana Dekon/TP tentu berkait erat dengan pengadaan barang dan jasa dimana salah satunya menghasilkan aset tetap yang akan biasa kita sebut sebagai Barang Milik Negara (BMN). Tak pelak aspek pengelolaan BMN dan aspek pertanggungjawaban BMN yang timbul dari dana Dekon/TP merupkan salah satu komponen yang penting dalam pembentukan LKPP.
“ Sebagaimana kita ketahui bahwa pemerintah pusat pada saat ini memiliki target opini WTP dari BPK RI untuk LKPP dimana salah satu komponennya adalah pelaporan pengelolaan BMN yang berasal dari dana Dekon/TP yang Bapak Ibu kelola selama ini,” ujar Kepala KPKNL Malang.
Banyak permasalahan yang muncul terkait dengan pengelolaan BMN yang berasal dari dana Dekon/TP, antara lain meliputi : 1.Masalah pelaporan BMN melalui aplikasi SIMAK BMN 2.Data base jumlah penerimaan dana Dekon/TP yang belum memadai. 3.Banyaknya satuan kerja yang belum memahami prosedur pengelolaan BMN hasil Dekon/TP terutama yang berkaitan dengan penghapusan dan pemindahtanganannya.
Melalui diseminasi PMK 125 tahun 2011, PMK 248 Tahun 2010, dan PMK 156 tahun 2008 diharapkan semua Satker Dekon/TP yang hadir dapat memahami pengelolaan BMN yang berasal dari dana Dekon/TP demi mendukung tercapainya opini WTP pada LKPP.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga