Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Wednesday, December 5, 2012

PostHeaderIcon Cascading Arahan Menteri Keuangan Dan Hasil Rakernas DJKN di KPKNL Pamekasan

" Seiring dengan perubahan orientasi menjadi aset manajer, kita harus bisa berubah kearah yang lebih baik. Perubahan menyangkut dua aspek yaitu aspek people dan aspek teknis. Tentunya dalam perubahan tersebut dibutuhkan seorang pemimpin yang tangguh dalam mengawal perubahan. Seorang pemimpin harus mampu melayani bukan dilayani, memberikan arahan (guidance), tepat dan cepat dalam mengambil keputusan (decision making), menjadi panutan/teladan (rule model), dan mampu membangkitkan semangat dan motivasi kerja bawahan,” demikian pesan Kakanwil X DJKN Surabaya, Lalu Hendry Yujana yang disampaikan dalam acara cascading arahan Menteri Keuangan dan hasil Rakernas DJKN di KPKNL Pamekasan pada hari Selasa (04/12/2012) bertempat di Aula KPKNL Pamekasan.
Sesuai arahan Menteri Keuangan, saat ini DJKN diminta untuk bertransformasi yang semula berat sebagai aset administrator, sekarang sebagai aset manajer. Aset administrator menitikberatkan pada penatausahaan BMN dalam rangka penguatan kualitas LKPP/LKPD. Sedangkan aset manajer lebih ditekankan bagaimana mengelola aset untuk penguatan APBN/APBD melalui efesiensi anggaran, efektivitas anggaran, dan perluasan sumber-sumber pemacu PAD. Kedepan tantangan tidak hanya pada aset yang dimiliki tetapi juga pada aset yang dikuasai sesuai pasal 33 UUD 1945.
Sejak tahun 1945 sampai dengan tahun 2004 Bangsa Indonesia belum memiliki laporan keuangan yang lengkap namun hanya dalam bentuk Perhitungan Anggaran Negara (PAN) yang berisi catatan uang masuk dan keluar saja dan tidak mencantumkan aset. Namun sejak tahun 2004 Bangsa Indonesia sudah memiliki Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) yang isinya lebih lengkap daripada PAN, yakni juga mencantumkan masalah aset dan kewajiban. Hal ini merupakan langkah maju untuk menuju Indonesia lebih baik. Kedepan, mulai tahun 2015 sesuai dengan PUSAP seluruh laporan Keuangan (LKPP,LK-Pemda, LK-BUN) akan dikompilasi menjadi satu, yaitu Laporan Keuangan Indonesia.
“ Menteri Keuangan meminta kita semua bekerja secara militan dengan selalu mencari peluang-peluang baru, core values Kementerian Keuangan harus dijalankan, dalam bekerja harus professional dan mempunyai sense of urgency. Dan ingat.. Integritas adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi,” ujar Kakanwil.
Beliau menambahkan bahwa dalam utilisasi kekayaan negara harus dengan parameter yang baik dan selalu jemput bola. DJKN bekerja tidak hanya berdasarkan temuan BPK karena DJKN merupakan pengelola kekayaan negara dengan standar yang baik. Saat ini K/L maupun TNI/POLRI mempunyai ekspektasi yang tinggi terhadap DJKN.
Sementara itu, sebagai tindak lanjut pasca Putusan Mahkamah Konstitusi No. 77/2011 tanggal 25 September 2012 sebelum dikeluarkannya PMK pada prinsipnya tetap akan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan tetap menjaga ketentuan hukum. Sebagai langkah persiapan agar penyelesaian BKPN pasca Putusan MK clear dan berjalan lancar, maka akan dilakukan kegiatan inventarisasi dan verifikasi BKPN internal KPKNL dan kemudian dilanjutkan dengan rekonsiliasi eksternal dengan penyerah piutang.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga