Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Monday, November 19, 2012

PostHeaderIcon Cascading Arahan Menteri Keuangan Dan Rakernas DJKN Di KPKNL Malang

“ Menteri Keuangan meminta kepada kita semua agar bekerja secara militan, bekerja secara heroik, dengan selalu mencari peluang-peluang baru dengan tetap mengedepankan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan. Beliau juga meminta kita agar menjadi seorang pemimpin yang bisa memberikan arahan (guidance) kepada bawahan, menjadi teladan (rule model), mampu mengambil keputusan tepat (decision making), dan memotivasi (to motivated) bawahan,” pesan Kakanwil X DJKN Surabaya, Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E, Ak., M.M. yang disampaikan dalam acara pengarahan di KPKNL Malang Selasa kemarin(13/11/2012)
Dalam acara pengarahan yang diselenggarakan di Aula KPKNL Malang tersebut, Kakanwil didampingi oleh Kepala Bidang Piutang Negara, Tredi Hadiansyah. Kepala KPKNL Malang, Abdul Malik selaku tuan rumah menyampaikan selamat datang di KPKNL Malang dan terima kasih atas kehadiran Kakanwil. Beliau berharap agar arahan yang disampaikan Kakanwil dapat diikuti secara seksama dan tuntas dan kedepannya dapat memotivasi pegawai KPKNL Malang untuk lebih giat bekerja.
Dalam kesempatan tersebut Kakanwil menyampaikan bahwa sejak tahun 1945 sampai dengan tahun 2004 di Indonesia belum ada Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), masih berbentuk Perhitungan Anggaran Negara (PAN). Namun, mulai tahun 2004 sampai sekarang dibuatlah Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dimana untuk tahun 2015 nantinya LKPP akan dikompilasi dengan Laporan Keuangan lainnya (LKPD) menjadi Laporan Keuangan Indonesia sesuai PUSAP.
Sejak dilaksanakannya penertiban terhadap BMN, kita selalu disibukkan dengan kegiatan penatausahaan BMN (Aset Administratur). Kakanwil sesuai arahan Menteri Keuangan menghimbau agar mulai sekarang mindset kita sebagai Aset Administratur harus digeser menjadi Aset Manajer. Untuk itu dibutuhkan Strategic Asset Management, dimana dalam era Aset Manajer lebih dititik beratkan prioritasnya untuk pengelolaan aset dalam rangka penguatan APBN/APBD melalui efesiensi anggaran, efektivitas anggaran, dan sumber pemacu penerimaan negara/daerah daripada penguatan kualitas LKPP/LKPD. “ Kedepan tantangan kita tidak hanya pada aset yang dimiliki, tapi juga kepada aset yang dikuasai yang meliputi darat, laut, sungai, dan udara,” ujar Kakanwil
Untuk menghadapi perubahan dari era Aset Administratur ke era Aset Manajer perlu adanya Manajemen Perubahan (Change Mangement) yang intinya menyangkut dua aspek yaitu aspek teknis (SOP, IT, prasarana, strategi, dll.) dan aspek personel (acceptance/ penerimaan dari orang-orang yang diminta berubah). Dalam perubahan tersebut perlu juga diperhatikan efesiensi perubahan, esensi perubahan, dan leader dalam mengawal perubahan tersebut.
Kakanwil juga menegaskan bahwa kita semua harus bekerja secara profesional, Integritas yang merupakan harga mati harus dipegang, dan harus punya sense of urgency. Menurutnya, dalam bekerja kita tidak hanya berdasarkan temuan BPK karena kita adalah Pengelola Kekayaan Negara dengan standar yang baik. “ Utilisasi kekayaan Negara harus dengan parameter yang baik, harus bisa memberikan return yang kuat. Oleh karena itu dalam bekerja harus selalu pro aktif jemput bola,”pungkasnya. Sedangkan terkait tindak lanjut pasca Putusan Mahkamah Konstitusi No. 77/2011 tanggal 25 September 2012, Kakanwil menegaskan bahwa secara prinsip tetap akan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dengan tetap mejaga ketentuan hukum. Menurutnya Keputusan MK sudah final, mengikat penuh, sehingga sebenarnya tidak dibutuhkan peraturan lain. Tetapi, sebagai pedoman operasional tetap menunggu PMK. Oleh karena itu sebagai langkah persiapan beliau meminta kepada semua KPKNL untuk melakukan kegiaran inventarisasi dan verifikasi BKPN internal KPKNL untuk selanjutnya dilakukan rekonsiliasi eksternal dengan Penyerah Piutang

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga