Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Monday, September 10, 2012

PostHeaderIcon Kanwil X DJKN Surabaya Selenggarakan Capacity Building “ High Performance Trainning “ Bersama John Robert Powers

Dr. Lalu Hendry Yujana,S.E., Ak., M.M., Kepala Kanwil X DJKN Surabaya Kamis kemarin (06/09) membuka penyelenggaraan pelatihan pengembangan SDM yang berlangsung selama dua hari di Kota Surabaya. Acara pelatihan yang digagas oleh Kepala Bagian Umum Kanwil X DJKN Surabaya tersebut diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon III di lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya, para Kasubbag Umum, dan semua Kepala Seksi di Bagian Umum. Pelatihan yang sifatnya terbatas dan hanya dikhususkan pada level pimpinan ini dilaksanakan dengan menggandeng lembaga pengembangan SDM yang berkompeten dan ternama, yaitu John Robert Powers perwakilan Surabaya.
Dalam acara pembukaan tersebut, Kakanwil menekankan bahwa seiring dengan beban dan target kerja yang semakin meningkat perlu diikuti dengan peningkatan motivasi dan performance kerja. Selain itu banyak sekali kelemahan-kelemahan yang harus diperbaiki baik yang berkaitan dengan effective comunication maupun interpersonal skill. Ditambah lagi dengan tantangan kerja yang semakin komplek dimana DJKN kedepannya akan selalu berinteraksi dengan banyak stakeholder yang semakin canggih dan kritis yang menginginkan pelayanan yang memuaskan dan cepat dalam suasana regulasi yang ketat dan rigrid dan harus rule keeping.
“ Kedepannya teman-teman mengurus apa yang dinamakan manajemen Barang Milik Negara. Sekarang apabila kita mengurus pemanfaatan BMN maka kita akan bersentuhan sekaligus berkomunikasi dengan dunia bisnis dimana sekarang dan kedepannya makin intensif dalam bingkai birokrasi yang situasinya lebih formal. Oleh karena itu perlu seni tersendiri untuk menangani hal itu. Saya setuju dengan design kurikulum yang telah diajukan oleh John Robert Powers dan diharapkan semuanya diimprove hari ini dan tetap berlanjut untuk angkatan berikutnya,”ujar Kakanwil.
Kakanwil menerangkan bahwa sistem pendidikan di dalam pelatihan tersebut adalah andragogi yang dikhususnya untuk orang dewasa. Oleh karena semua peserta harus mengusahakan dirinya masing-masing untuk bisa diisi seperti gelas kosong dan harus menghilangkan sekat-sekat agar diperoleh hasil yang baik dan cepat. “ Oleh karena itu saya minta kepada John Robert Powers untuk melakukan program pengembangan SDM ini karena mereka sudah cukup besar dan kapabel untuk ini. Sekali lagi saya minta agar semua peserta mengikuti acara ini dengan sungguh-sungguh dan tuntas. Sekali lagi...selamat untuk bapak ibu sekalian,” ujarnya.
Ibu Yulia, Branch Manager John Robert Powers Surabaya merasa senang dan bangga bisa membantu Kanwil X DJKN SUrabaya dalam program pengembangan SDM yang telah dipercayakan kepadanya. “ Saya harapkan semua perserta agar aktif dan jangan hanya menunggu, harus kosong seperti kertas putih agar apa yang disampaikan bisa masuk dan diterima,” pesannya.
Pelaksanaan kurikulum pelatihan oleh John Robert Powers dikaitkan langsung dengan aplikasi nilai-nilai Kementerian Keuangan. Menurut Kepala Bagian Umum Kanwil X DJKN Surabya Heyang, semua peserta nantinya setelah mengikuti pelatihan tersebut dapat menjadi Changes Agent bagi unitnya masing-masing dan mampu memastikan bahwa values Kementerian Keuangan benar-benar berjalan dan hidup. “ Kita harapkan bahwa dengan terselenggaranya kegiatan ini dapat menjadikan Kanwil X DJKN Surabaya sebagai role model bagi unit lainnya dan mudah-mudahan bisa terwujud. Saya minta agar pelatihan yang telah diikuti agar dijadikan program dalam setiap kegiatan dan akhirnya dapat menjadi budaya,” ujar Kepala Bagian Umum Kanwil X DJKN Surabaya.
Semua peserta yang mengikuti pelatihan merasa senang karena telah mendapatkan ilmu dan wawasan baru yang dapat meningkatkan performance kerja. Format dari pelatihan tersebut dimulai dari kegiatan Profiling & Counseling Trahning dilanjutkan dengan training dan diakhiri dengan kegiatan Exit Interview . Selama mengikuti pelatihan semua peserta memperoleh materi /modul yang terdiri dari : 1. Transformation & Breakthrough (Nilai Integritas & Kesempurnaan) 2. Effective Communication (Sinergi) 3. Interpersonal Skill (Sinergi) 4. Managing Services (Nilai Service) 5. Visual Statement (Nilai Profesionalisme) 6. Exit Interview (Evaluasi untuk memastikan pemahaman implementasi antara materi dengan keadaan di lapangan)
Adapun metodologi training yang digunakan dalam pelatihan tersebut meliputi Group Discussion, One on One Interaction, Lectures (40%), dan Role Play & Exercises (60%)

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga