Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Thursday, August 2, 2012

PostHeaderIcon Kakanwil X DJKN Surabaya : “ Puasa Yang Berkualitas Sebagai Determinan Kualitas Pegawai DJKN ”

Bulan Suci Ramadhan merupakan bulan penuh hikmah, berkah, dan keutamaan. Oleh karena itu harus diisi dengan berbagai kegiatan positif yang dapat memperkuat pondasi iman dan meningkatkan ketaqwaan. Seperti tahun sebelumnya, pada Ramadhan 1433 H ini, Kakanwil X DJKN Surabaya kembali melaksanakan kegiatan Safari Ramdhan ke seluruh KPKNL di Jawa Timur.
Bersamaan dengan pelaksanaan penggalian potensi lelang dengan Perum Perhutani Unit II Jatim, Selasa sore (31/07) dengan didampingi Kepala Bagian Umum dan Plt. Kepala Bidang Lelang, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya, Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E, Ak.,M.M. melaksanakan Safari Ramadhan di KPKNL Madiun. Acara tersebut dilaksanakan di ruang rapat KPKNL Madiun dan dihadiri oleh Kepala KPKNL Madiun dan seluruh Pegawai KPKNL Madiun. Dalam sambutan yang disampaikan melalui Kasubbag Umum, Kepala KPKNL Madiun menyampaikan selamat datang dan berharap kehadiran Kakanwil dapat memberikan pencerahan dan memacu semangat dalam beribadah dan bekerja selama bulan Ramadhan.Acara yang dirangkum sekaligus dengan pelaksanaan berbuka bersama tersebut diikuti dengan khidmat oleh seluruh pegawai yang hadir. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kakanwil berkesempatan menyampaikan ceramah dengan tema “ Puasa Yang Berkualitas Sebagai Determinan Kualitas Pegawai DJKN”. Kakanwil menyampaikan bahwa bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh barokah, maghfirah, penuh ampunan, bulan Al-Quran, dan penuh rahmat. Pelaksanaan Safari Ramadhan tersebut bertepatan dengan hari pertama di sepuluh hari kedua dimana pada saat itu merupakan start digelontorkannya ampunan Allah. Di bulan yang suci ini setiap kebaikan tidak hanya diganjar dengan sepuluh kebaikan setara tetapi bisa lebih dari itu dan hanya Allah-lah yang mengetahui hal tersebut. ” Puasa Ramadhan adalah ibadah hanya untuk Allah. Oleh karena itu agar memperoleh ganjaran yang lebih maka diperlukan puasa yang berkualitas dan bermutu agar menghasilkan hasil determinasi kerja yang makin bermutu,” paparnya.
Menurut Kakanwil ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi agar puasa yang dijalani menjadi bermutu dan berkualitas. Kriteria pertama adalah niat dan ikhlas dimana niat harus kuat, tangguh, kokoh, ikhlas, dan di dedikasikan hanya kepada kepada Allah. Tanpa hal tersebut puasa di bulan Ramadhan akan sia-sia. Kriteria pertama tersebut sejalan dengan values Kementerian Keuangan Integritas. Puasa melatih untuk selalu mentaati aturan dan menjauhi segala larangan. Kriteria kedua adalah Ikhsan, yaitu melaksanakan segala sesuatu dengan kesungguhan hati, optimal, dan memberikan hasil yang terbaik sehingga jika puasa dilaksanakan dengan Ikhsan, akan bepengaruh pada hasil kerja yang terbaik dan optimal.Kriteria ketiga adalah meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa, yaitu dengan menahan diri, menjaga diri, dan menjaga keinginan. Kriteria keempat adalah meninggalkan hal-hal yang membuat puasa sia-sia seperti pandai menjaga pandangan, amarah, emosi, dan menggunjing teman di kantor. Oleh karena itu dengan melaksanakan ibadah puasa akan melatih diri untuk bisa lebih sabar. Kriteria kelima adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat seperti mendengar berita-berita haram karena sdsuatu yang haram didengar maka juga haram untuk dilihat.Kriteria keenam yang dapat membuat puasa seseorang lebih bermutu adalah dengan mempuasakan hati, pikiran, dan organ tubuh, yang maknanya puasa secara total lahir dan batin. Oleh karena itu harus dimulai dari hati, tidak boleh sombong, karena setan menggoda manusia dari hati. Yang terakhir adalah dengan memperbanyak amal shalih selama ramadhan seperti sholat, dzikir, baca Al-Quran, itikaf, perbanyak sodaqoh dan tolong menolong. Di akhir ceramah tersebut Kakanwil berharap agar ketujuh kriteria tersebut dapat dilaksanakan oleh seluruh pegawai di KPKNL Madiun agar menjadikan ibadah puasanya berkualitas, bernilai, dan diterima oleh Allah.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga