Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Thursday, May 3, 2012

PostHeaderIcon Kakanwil X DJKN Surabaya Buka Pelaksanaan Diklat di BDK Malang

Pelaksanaan diklat oleh Balai Diklat Keuangan (BDK) Malang merupakan kegiatan rutin, tugas dan fungsi yang diselenggarakan sepanjang tahun. Diklat tersebut banyak jenis dan ragamnya begitu juga peserta yang mengikutinya. Senin kemarin (30/04) BDK Malang melakukan pembukaan 3 (tiga) jenis diklat sekaligus yang dilaksanakan di Aula BDK Malang, Jl. Ahmad Yani Utara No. 200 Malang. Acara yang diikuti lebih dari 200 peserta diklat tersebut dihadiri oleh Kepala BDK Malang, Ibu Ida Hamidah dan para pejabat di BDK Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M., Kepala Kanwil X DJKN Surabaya, diminta oleh Kepala BDK Malang untuk membuka sekaligus memberikan ceramah current issues kepada peserta Diklat Ujian Dinas, DTU Tata Naskah Dinas, dan DTTS Ekstensifikasi. Sebagai pembuka acara, Ida Hamidah selaku Kepala BDK Malang menyampaikan laporan sekaligus sambutan. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugasnya, Balai Diklat Keuangan Malang mempunyai fungsi yaitu penyusunan program pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara, pelaksanaan pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara, pengembangan SDM, evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan pendidikan, pelatihan, dan penataran keuangan negara, pengelolaan implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan pelaksanaan administrasi balai.


Pelaksanaan Diklat Tata Naskah Dinas dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai Kementerian Keuangan dalam bidang tata naskah dinas guna memperlancar komunikasi tertulis, keseragaman, dan tertib administrasi di lingkungan Kementerian Keuangan. Diklat Ekstensifikasi merupakan diklat yang sifatnya teknis yang dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan pelaksana di bidang ekstensifikasi yang nantinya setelah mengikuti diklat, peserta diharapkan mampu memahami prosedur Ekstensifikasi Perpajakan. Sedangkan Diklat Ujian Dinas dilaksanakan untuk memfasilitasi PNS di lingkungan Kementerian Keuangan agar mampu meningkat pengetahuan, ketrampilan, dan sikap Pegawai Negeri Sipil yang akan naik golongan kepangkatannya dari golongan II ke golongan III sehingga mempunyai pengetahuan, ketrampilan, dan sikap yang sesuai dengan golongan kepangkatan yang baru atau golongan III.

Dalam sambutan berikutnya, Kakanwil X DJKN Surabaya menyampaikan ceramah terkait current isues di Kemeterian Keuangan. Beberapa tema yang disampaikan dalam kesempatan tersebut antara lain meliputi :
1.Menteri Keuangan selaku Bendahara Umum Negara (BUN) dan Visi (Baru) Kementerian Keuangan
2.Kondisi yang dihadapi sebelum dan sesudah transformasi
3.Peran strategis Kementerian Keuangan
4.Transformasi organisasi dan kultural di Kementerian Keuangan
5.Peran strategis Pegawai di era perubahan – arahan Menteri Keuangan pada berbagai kesempatan

Dalam arahannya disampaikan bahwa Menteri Keuangan menginginkan Kementerian Keuangan dapat “naik kelas” dalam lingkup regional sehingga visinya berubah “Menjadi Pengelola Keuangan dan Kekayaan Negara yang Dipercaya, Akuntabel, dan Terbaik di Regional untuk Mewujudkan Indonesia yang Sejahtera, Demokratis, dan Berkeadilan. Kementerian Keuangan merupakan Kementerian yang memiliki keunikan tugas yaitu distintive unit, hampir 85% urusan di Indonesia berkait dengan Kementerian Keuangan, multi tugas dengan spektrum luas, multi Interaksi dengan spektrum luas, political cost yang tinggi dan dinamis, dan potential risk tinggi dengan mitigasi yang kompleks

Kakanwil juga menympaikan bahwa Kabinet Indonsia Bersatu Jilid II mempunyai sasaran-sasaran yang ingin diwujudkan di tahun 2014 yang tertuang dalam “destination statementnya” antara lain Tax Ratio 18%, penyerapan anggaran 98%, balance budget, outstanding piutang negara harus zero, tanah negara yang telah bersertifikat tidak kurang dari 20%, semua laporan keuangan harus WTP, implementasi SPAN yang ditargetkan berjalan pada tahun 2013/2014 dengan piloting dan roll out mulai tahun 2012. ” Semua peserta diklat harus tahu, mengerti, paham, dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai inti Kementerian Keuangan. Dan yang terpenting harus bisa menjadikan niali-nilai tersebut hidup disekitar kita semua,” pesan Kakanwil di akhir arahannya.

Di akhir acara tersebut dilakukan penyematan tanda peserta diklat secara simbolis terhadap masing-masing perwakilan jenis diklat. Penyematan tersebut dilakukan secara langsung oleh Kepala BDK Malang dan Kakanwil X DJKN Surabaya.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga