Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Friday, April 13, 2012

PostHeaderIcon Kakanwil X DJKN Surabaya Teken MoU dengan Bupati Jember

Jember – Selasa pagi (03/04) Dr Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya bersama dengan MZA Djalal, Bupati Jember menandatangani MoU “Pengembangan Manajemen Aset Daerah”. Dalam kesempatan tersebut Kakanwil X DJKN Surabaya didampingi oleh para pejabat eselon III di Kanwil X DJKN Surabaya. Kedatangan Kakanwil dan rombongan disambut hangat oleh Bupati Jember dan beberapa pejabat di jajaran Pemkab Jember. Sebelum memasuki aula tempat sosialisasi sekaligus penandatanganan MoU, Sekda Pemkab Jember mempersilahkan Kakanwil memasuki ruang transit untuk berbincang-bincang sejenak.
Acara yang diselenggarakan di Aula Pemkab Jember tersebut dihadiri sekitar 150 peserta yang terdiri dari pejabat utama Pemkab Jember dan para Kepala SKPD termasuk juga anggota DPRD yang membidangi masalah aset. Kepala Kanwil X DJKN Surabaya sesaat setelah menandatangani MoU bersama Bupati Jember menyampaikan sambutan. Adapun agenda yang disampaikan dalam acara tersebut meliputi :
1.Overview Direktorat Jenderal Kekayaan Negara
2.Arah manajemen aset negara/daerah
3.Peran DJKN terhadap peningkatan kualitas Laporan Keuangan Pemda
4.Percepatan penyelesaian aset personil, peralatan, pembiayaan, dan dokumen (P3D) Pemkab Jember
5.Penyelesaian aset bekas milik asing/cina (ABMA/C) menjadi BMD untuk Pemkab Jember
Penyelesaian
6.Usulan new inisiativeKakanwil X DJKN Surabaya dalam sambutannya menekankan bahwa kehadiran beliau di Jember hanya ingin membantu Bupati Jember untuk mewujudkan tata kelola asset yang lebih baik, tertib, dan akuntabel. Selain itu juga sebagai wujud untuk mengimplementasikan dan menghidupkan nilai-nilai Kementerian Keuangan, yaitu untuk selalu secara pro aktif membangun sinergi, baik secara internal maupun eksternal. Beliau juga memperkenalkan satu per satu pejabat eselon III di lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya. “ Mulai hari ini saya ingin DJKN Kementerian Keuangan masuk ke semua struktur Pemkab Jember untuk membantu. Dan sekarang saya punya keyakinan yang kuat, saya tidak ingin Bupati gagal dibidang aset dan dibidang piutang daerah. Saya ingin Bupati sukses dibidang lelang, bidang penilaian aset daerah dan bidang lainnya,” pungkasnya.
Menurut beliau, maksud dilakukannya kerjasama tersebut adalah agar para pihak dapat bekerjasama saling menguntungkan dalam bentuk kemitraan dalam batas tanggung jawab, wewenang dan kapasitas masing-masing dalam pengembangan manajemen aset daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember. Sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan aset daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember dan memberikan kepastian hukum terhadap aset-aset yang selama ini dikuasai oleh Pemerintah kabupaten Jember, termasuk piutang (daerah), lelang daerah dengan pengembangan sumberdaya daerah.“ Saya ingin membangun sinergi dengan Bupati Jember melalui MoU ini. Kami datang kesini untuk memastikan bahwa kedepannya Laporan Keuangan Pemkab Jember naik kelas menjadi WTP penuh. Oleh karena itu kami akan membantu Pemkab Jember melaksanakan Inventarisasi dan Penilaian BMD Pemkab Jember dan aktiva tetap pada Perusahaan Daerah/BUMD milik Pemkab Jember. Perlu juga kami sampaikan bahwa pihak yang berwenang dan kredibel melakukan penilaian BMN/BMD adalah DJKN dan tentunya hasilnya lebih diakui oleh BPK RI serta low cost,” paparnya
Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa ada pergeseran orientasi dalam pengelolaan BMN/BMD. Yang semula condong kearah penatausahaan (reporting) menuju WTP untuk tahun 2012 ini bergeser ke arah bagaimana mengelola BMN/BMD untuk menghasilkan penerimaan asli daerah (PAD) melalui pemanfaatan aset. “ Pak Bupati, ada beberapa bentuk-bentuk pemanfaatan BMD yang diatur dalam Peraturan Menteri antara lain meliputi sewa, Kerjasama pemanfaatan, Bangun Guna Serah, dan Bangun Serah Guna. Jadi untuk mendorong pemanfaatan BMD optimal, pengelola BMD (pegawai Pemda) harus mempunyai wawasan, pengetahuan, dan mampu berinteraksi dengan dunia bisnis,” paparnya.Kanwil X DJKN Surabaya juga ingin membantu Pemkab Jember dalam rangka penyehatan penyertaan Pemkab Jember di Perusahaan Daerah dan BUMD serta meminta lelang semua BMD dan aktiva tetap PD/BUMD hanya melalui PKNL. Berdasarkan data yang diperoleh, LK-Pemda Jember tahun 2010 adalah WDP. Harapannya di tahun 2012 LK-Pemda Jember dapat naik kelas menjadi WTP penuh tanpa ada paragaraf penjelasan. “ Kedepannya, tujuan kita tidak hanya LK-Pemda Jember WTP, tetapi kualitas pengelolaan BMD meningkat pesat jauh lebih baik, yaitu pengelolaan BMD harus dalam rangka penguatan APBD Jember,” katanya.Selanjutnya, MZA Djalal, Bupati Jember dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kehadiran Kakanwil X DJKN Surabaya di Kabupaten Jember. ” Sebenarnya sudah lama kami ingin agar pengelolaan asset dengan berbagai permasalahannya di Pemkab Jember lebih tertib dan baik. Untuk itu, kami sempat bersurat kepada Menteri Keuangan untuk meminta petunjuk. Namun, seiring dengan kehadiran Pak Lalu disini, kami merasa sangat senang dan lega dan hharapan kedepannya bisa menjadi penolong dan pembimbing kami dalam mengelola dan membenahi permasalahan asset,” sambut Bupati Jember.Menurut beliau, kedatangan Kakanwil di Pemkab Jember membawa angin segar dan pencerahan. “Kehadiran Pak Kakanwil disini menambah wawasan kami. Ternyata banyak cara untuk mendongkrak PAD kami, salah satunya melalui pemanfaatan aset oleh pihak ketiga dan kami disini berharap kerjasama dan bambingan Kanwil X DJKN untuk mewujudkan itu semua,” ujar MZA Djalal, Bupati Jember.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga