Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Friday, April 13, 2012

PostHeaderIcon Kakanwil X DJKN Surabaya Lantik Pemeriksa KPKNL Malang

Bersamaan dengan kegiatan rapat koordinasi dengan Sekretaris Daerah Kota Malang, Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya sesaat setelah melakukan rapat koordinasi dengan Pemkot Malang juga melaksanakan pelantikan terhadap Pemeriksa di KPKNL Malang yang telah mendapatkan SK pengangkatan dari Menteri Keuangan Nomor 01/KM.06/UP.11/2012 tanggal 10 Januari 2012. Pelantikan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 05 April 2012 bertempat di aula KPKNL Malang. Jumlah Pemeriksa yang dilantik dalam kesempatan tersebut adalah 8 orang, yaitu :
1.Sutoni
2.Arief Rachman
3.Agung Suryo Kusumo
4.Iis Saiful Arifin
5.Arik Istoto
6.Pangky Yulianto
7.Erwin Endrabawana
8.Bayu Santo NugrohoPelantikan Pemeriksa tersebut diikuti oleh seluruh pegawai KPKNL Malang termasuk Kepala KPKNL Malang, Kepala Bidang Piutang Negara, Kabag Umum, dan beberapa pegawai Kanwil X DJKN Surabaya. Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan SK Menteri keuangan, pengangkatan sumpah oleh Kakanwil, Pembacaan naskah pelantikan oleh Kakanwil, Sambutan oleh Kakanwil, dan pemberian ucapan selamat.Dalam sambutan yang disampaikannya, Kakanwil menekankan bahwa pelaksanaan pelantikan tersebut sebagai langkah untuk percepatan penyelesaian Piutang Negara agar di tahun 2014 sesuai dengan road map DJKN, zero outstanding Piutang Negara dapat terwujud. Menurut beliau untuk menjadi seorang pemeriksa, diperlukan beberapa perangkat (tools) bagi seorang pemeriksa, yaitu :
1.Norma Pemeriksaan dan Tujuan Pemeriksaan
2.Prosedur Pemeriksaan (Audit Procedure)
3.Program Pemeriksaan (Audit Program)
4.Teknik Pemeriksaan
5.Kertas Kerja Pemeriksaan (Audit Working Paper)
6.Standard Laporan Hasil Pemeriksaan‛ Sementara untuk saat ini di DJKN, perangkat tersebut belum ada, tetapi dalam pemeriksaan laporan keuangan sudah ada. Dalam waktu dekat akan diusahakan pembentukan enam perangkat tersebut. Seorang Pemeriksa harus paham dan tahu apa itu objek pemeriksaan,”papar Kapala Kanwil X DJKN Surabaya.Lingkup Pemeriksaan disini adalah pemeriksaan Piutang Negara. Adapun objek dari pemeriksaan Piutang Negara adalah penanggung hutang/penjamin hutang/pemegang saham, kemampuan penanggung hutang (repayment capacity), fisik barang jaminan (collateral), dan Harta Kekayaan Lain. Diharapkan bagi para pemeriksa memempunyai pengetahuan yang luas mengingat aspek dalam pemeriksaan piutang negara juga begitu luas, bekerja dengan cermat, teliti, agar dapat meminimalisir risiko yang mungkin timbul.“Terhadap hasil pemeriksaan harus ada dengan apa yang dinamakan closing conference, yaitu penyampaian hasil pemeriksaan. Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan berpedoman pada aturan main yang berlaku dan jangan lupa agar melandaskannya pada nilai-nilai Kementerian Keuangan dan niat yang tulus ibadah kepada Allah SWT,”pesan Kepala Kanwil X DJKN Surabaya di akhir sambutannya.
Terhadap Pemeriksa yang baru saja dilantik, beliau meminta segera untuk melakukan identifikasi PH/PJH/Ahli waris, mencari repayment capacity, dan melakukan verifikasi data barang jaminan. Hendaknya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari harus berpedoman pada peraturan yang berlaku (rules keeping) tidak boleh rules breaking dan nilai-nilai Kemenkeu benar-benar dihidupkan dalam diri setiap pemeriksa dan seluruh pegawai KPKNL Malang (living of the values). “ saya disini ingin Kepala KPKNL Malang Sukses, Pengurusan piutang negara ada progres yang nyata dan signifikan. Berikan pelayanan yang bagus (proper) tapi jangan sampai berlebihan. Sekali lagi saya ucapkan selamat, semgoa sukses...,” pesannya.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga