Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Thursday, February 9, 2012

PostHeaderIcon Kanwil X DJKN Surabaya Ajak PTN Se-Jawa Timur Bahas Manajemen Barang Milik Negara

Sesuai dengan semangat sinergi yan terkandung dalam nilai-nilai Kementerian Keuangan, Kanwil X DJKN Surabaya pada hari Selasa (07/02) secara pro aktif berinisiatif mengundang Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Jawa Timur untuk membahas pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) yang berada di masing-masing PTN tersebut. Adapun PTN yang diundang dalam acara yang diselenggarakan di aula lantai 4 GKN II Surabaya adalah PTN yang berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan Nasional dan Budaya serta PTN yang berada di bawah Kementerian Agama, baik yang berbentuk Badan Layanan Umum (BLU), Badan Hukum Milik Negara (BHMN), maupun yang bukan BLU dan BHMN.Dr Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya dengan didampingi para pejabat eselon III di lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya membuka dan memimpin pelaksanaan rapat yang diikuti sekitar 19 PTN di Jawa Timur. Dalam sambutannya, beliau menekankan bahwa pertemuan tersebut sangat perlu dilakukan untuk memperoleh informasi dan masukan yang lebih detail dan jelas terkait dengan pengelolaan BMN di PTN se-Jatim termasuk piutang negara dan berharap agar apa yang akan disampaikan dalam forum tersebut bisa dijalankan dengan efektif di tahun 2012.Beberapa agenda yang disampaikan dalam acara tersebut meliputi :
1.Overview Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan RI
2.Audit BPK atas LK KL Satker dan Kesan Empirik Pengelola BMN
3.Re-orientasi arah Pengelolaan BMN dari Perspektif Pengelola BMN dalam pengelolaan BMN terkait dengan BLU dan BHMN
4.Usulan New Inisiative Program Aksi Dalam Upaya Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Barang Milik Negara di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2012Beliau menyampaikan bahwa DJKN adalah salah satu unit eselon I di Kementerian Keuangan yang memiliki tugas untuk memastikan bahwa LKPP, LKKL, LK-Pemda, LK-BUN, LK-BUMN memperoleh predikat WTP dari BPK RI. Hal ini termasuk juga PTN yang berada dibawah Kemendiknasbud dan Kemenag. Selain itu DJKN juga melakukan Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah, Penilaian Barang Milik Negara/ Daerah, Pengurusan Piutang Negara/Daerah, Pelayanan Lelang Barang Milik Negara/Daerah /BUMN/BUMD, Pengelolaan Kekayaan Negara/Daerah yang dipisahkan, Pengelolaan Kekayaan Negara Lain-Lain (Aset KKKS, Eks PT.PPA, Eks. BPPN, Eks.BDL/BBKO, ABMAC, Barang Rampasan, Gratifikasi, Sitaan Bea Cukai, Barang Muatan Kapal Tenggelam dll), dan Pengelolaan Barang Milik Negara/Daerah di BLU/BLU-D).Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya menekankan bahwa PTN yang berbentuk Badan Hukum Milik Negara (BHMN) merupakan bagian dari kekayaan negara dipisahkan kecuali aset berupa tanah. Sedangkan untuk PTN yang berbentuk BLU adalah bukan kekayaan negara dipisahkan dan merupakan satker. Berdasarkan data yang diperoleh, LK Kemendiknasbud untuk tahun 2010 adalah Disclaimer dan untuk Kemenag adalah WDP. Oleh karena perlu usaha ekstra keras terutama menyangkut masalah aset untuk bisa naik menjadi WTP. Agar bisa memperoleh WTP maka LK Kemendiknasbud dan Kemenag tersebut harus sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, adanya Kecukupan pengungkapan dalam Laporan Keuangan (adequate disclosures), patuh terhadap peraturan perundang-undangan, dan memiliki Sistem Pengendalian Intern (Internal Control) yang efektif.Agus, salah satu peserta yang berasal dari Rektorat ITS menyampaikan pertanyaan terkait dengan pemanfaatan dan hasil yang diperoleh dari pemanfaatan tersebut. Menanggapi pertanyaan tersebut, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya menyampaikan bahwa semua pemanfaatan BMN berupa tanah harus melalui DJKN dan hasilnya pemanfaatan bisa digunakan untuk operasioanl PTN jika PTN tersebut sudah 100 % BLU , dan disetor ke kas Negara jika belum BLU penuh. Dalam forum rapat tersebut juga disampaikan bahwa di beberapa PTN yang berbentuk BLU akan dilakukan pemanfaatan BMN seperti rencana pendirian SPBU. Di akhir rapat tersebut, Kepala Kanwil X DJKN Surabaya memberikan arahan sekaligus kesimpulan antara lain :
1.Diminta kepada seluruh PTN di Jawa Timur untuk segera mengajukan penetapan status penggunaan BMN pada Kanwil X DJKN.
2.Semua PTN diminta untuk melaporkan semua pemanfaatan yang sudah berjalan
3.Semua PTN diminta untuk melaporkan semua rencana pemanfaatan yang akan dilaksanakan.
4.Semua perwakilan yang hadir diminta untuk melaporkan ke masing-masing pimpinan atas new inisiatif untuk segera menyusun program aksi

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga