Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Monday, January 23, 2012

PostHeaderIcon Kanwil X DJKN Surabaya Dorong Pengembangan Bandara Abdurachman Saleh Malang

Malang merupakan salah satu kota pendidikan di Indonesia selain Bandung dan Yogyakarta. Selain itu, Malang juga dikenal sebagai kota wisata, dan kota budaya. Tentunya, untuk mewujudkan semua itu bisa berkembang lebih pesat dukungan sarana dan prasarana transportasi untuk memudahkan akses ke kota Malang sangat mutlak diperlukan. Saat ini, akses jalan darat dari Surabaya ke Kota Malang sering mengalami kemacetan seiring dengan adanya bencana lumpur lapindo.Berangkat dari hal tersebut diatas, Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kab. Malang, dan Kota Batu berinisiatif agar pengembangan dunia pendidikan, pariwisata, dan budaya di daerah mereka tidak terhambat dan bahkan bisa lebih berkembang, secara bersama dengan melibatkan Pemprov Jatim membangun Bandara Abdurachman Saleh dimana menggunakan lahan milik TNI AU di Malang dengan luas ± 27,4 ha. Berdasarkan informasi yang diperoleh, saat ini entitas yang mengelola Bandara Abdurachaman Saleh adalah berbentuk UPT dibawah Dinas Perhubungan dan DLLAJ Prop. Jatim.Untuk melakukan penataan atas pemanfaatan aset TNI AU di Bandara Abdurachman Saleh, Kanwil X DJKN Surabaya pada hari Kamis, tanggal 19 Januari 2012 bertempat di ruang rapat lantai 4, mengundang pihak TNI AU Abdurachman Saleh dan Dinas Perhubungan dan DLLAJ Prop. Jatim untuk membahas Bandara Abdurachman Saleh. Dalam kesempatan tersebut, pihak TNI AU diwakili oleh Kolonel Asfan Jauhari, Kepala Dinas Logistik dan pihak Dinas Perhubungan dan DLLAJ Prop. Jatim diwakili oleh Ir. Lili Soleh Wartadipradja, MSi, Kepala Biro Administrasi Kerjasama Pemprop. Jatim.Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak. M.M., Kepala Kantor Wilayah X DJKN Surabaya menekankan bahwa pelaksanaan rapat tersebut sangatlah penting karena terdapat spirit yang terkandung yaitu bahwa setiap pemanfaatan BMN wajib dengan persetujuan Menteri Keuangan (DJKN) dan sistem pengelolaan (pemanfaatan) lahan di Bandara Abdurrachman Saleh harus jelas. Dalam kesempatan tersebut, beliau menyampaikan beberapa pertanyaan kritis menyangkut permasalahan Bandara, antara lain :
1.Bentuk entitas apa yang menjadi wadah pengelola bandara
2.Siapa saja para pihak/owner dari pengelola bandara
3.Landasan hukum apa yang digunakan dalam bentuk wadah pengelola
4.Spesifikasi tanah yang digunakan (luas, Bukti kepemilikan dan sebagainya)
5.Bentuk pemanfaatan apa yang akan dipilih.
6.Prosedur pemanfaatan BMN sesuai ketentuan yang berlaku“ Kami ingin mendorong utilisasi aset negara lebih optimal demi penguatan keuangan negara. Namun demikian legal frameworknya harus clear, legal standingnya harus pas. Pada prinsipnya kami mendukung pengembangan Bandara ini, tapi harus selalu “rules keeping”, prudent, proper, dan tidak boleh “rules breaking”,”ujarnya.“Jika entitas yang mengelola tetap berbentuk UPT, maka risikonya akan tetap melekat pada Dinas yang bersangkutan. Menurut kami entitas yang pas adalah BUMD/BLUD dengan pola pemanfaatan adalah KSP karena kalau sewa terlalu beresiko. Disamping itu juga harus dipikirkan kelanjutan (going concern) dari entitas yang dipilih agar jangan sampai berhenti ditengah jalan,” imbuhnya.Kepala Kanwil X DJKN Surabaya, menyampaikan bahwa pihak yang mengajukan pemanfaatan adalah entitas yang mengelola Bandara bukan pihak Malang Raya. Beliau juga mengapresiasi TNI AU yang telah mendorong pemanfaatan aset untuk penguatan keuangan Negara. Di penghujung rapat tersebut dihasilkan beberapa kesimpulan antara lain :
1.Rapat mendukung upaya pemerintah, khususnya Pemprop.Jatim untuk mengembangkan Bandara Udara Abdulrahman Saleh.
2.Diperlukan pengkajian ulang bentuk entitas yang akan mewadahi selaku pengelola bandara dimaksud : Apakah UPT atau ada bentuk lain (BUMD, BLUD, atau BLU).
3.Harus ada persetujuan dari Pengelola Barang selaku Bendahara Umum Negara.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga