Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Friday, December 16, 2011

PostHeaderIcon Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Di Kanwil X DJKN Surabaya

Kanwil X DJKN Surabaya menyelenggarakan sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) sesaat setelah penyelenggaraan acara Monitoring dan Evaluasi Penerapan Manajemen Risiko dan Capaian Kinerja Tahun 2011. Acara yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 13 Desember 2011 dan bertempat di Hotel Purnama Batu tersebut di buka secara langsung oleh Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M., selaku Kepala Kanwil X DJKN Surabaya.Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) merupakan hal baru, yang diatur dalam PP Nomor 60/2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah, KMK Nomor 130/KMK.0/2011 tentang Kebijakan Pengawasan Intern Kementerian Keuangan dan KMK Nomor 152/KMK.09/2011 tentang Peningkatan Penerapan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan. Beliau meminta kepada peserta untuk mendalami peraturan tersebut. “ Pengendalian dimaksudkan sebagai check and recheck sehingga jika ada penyimpangan, pelanggaran,maupun irregularities, pimpinan/top management dapat mengetahui lebih cepat,” ujarnyaPengendalian Intern di DJKN ditekankan pada SOP Layanan Unggulan sebanyak 11 Layanan Unggulan yang terdiri dari 3 SOP Layanan Unggulan di Kanwil dan 8 SOP Layanan Unggulan di KPKNL. “ Kedepannya, Pengendalian Intern kemungkinan akan diperluas misalnya masalah keuangan, masalah kepegawaian (cuti pegawai, perjalanan dinas), maupun masalah asset kantor. SPIP di Kanwil ditangani oleh Bidang HI, sedangkan di KPKNL ditangani Seksi Pelayanan HI. Pengendalian Intern kedepannya bersifat Akuntabiliti yaitu yang berhubungan langsung dengan substansinya atau sumber dokumennya,” papar Kepala Kanwil X DJKN Surabaya.Hasil simulasi terhadap Layanan Unggulan di Kanwil, misalnya untuk IKU Presentase realisasi janji layanan unggulan hasilnya Hijau, namun setelah di test berdasarkan dokumentasi yang ada setelah dilakukan simulasi hasilnya Kuning. Oleh karena itu SPIP jangan diabaikan karena ada relasi yang kuat antara capaian kinerja IKU dengan proses mitigasi. Beliau meminta kepada KPKNL untuk memastikan kesesuaian antara hasil dengan dokumentasi agar hal tersebut tidak terjadi. Kepada Kepala KPKNL untuk memiliki penguasaan yang prima dan teruji terkait SPIP.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga