Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Sunday, October 30, 2011

PostHeaderIcon Tim Asistensi Daerah Wilayah X Surabaya Melakukan Final Hearing Aset Bekas Milik Asing Cina Dengan Walikota Malang

Bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, pada hari Jumat tanggal 28 Oktober 2011, Tim Asistensi Daerah (TAD) Wilayah X Surabaya yang dipimpin oleh Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M. melakukan kunjungan ke Balai Kota Malang untuk melakukan Final Hearing atas hasil Inventarisasi dan Penelitian Aset Bekas Milik Asing Cina (ABMAC) di Kota Malang. Kegiatan tersebut dilaksanakan sekitar pukul 10.00 WIB bertempat di ruang rapat Walikota Malang yang dihadiri oleh Drs. Peni Suparto, M.AP, selaku Walikota Malang dan didampingi oleh Wakil Walikota Malang, Sekretaris Kota Malang, dan beberapa pejabat baik dari Pemkot Malang maupun dari Tim Asistensi Daerah Wilayah X Surabaya serta dari Lingkungan Kanwil X DJKN Surabaya.Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Malang dengan Kantor Wilayah X DJKN Surabaya Nomor : 050/10/35.73.112/2011_Nomor : S - 03/MOU/WKN.10/2011 tanggal 20 September 2011 Tentang Pengembangan Manajemen Aset Daerah, dimana Tim Asistensi Daerah (TAD) Wilayah X Surabaya melaksanakan kegiatan Inventarisasi dan Penelitian atas ABMAC di wilayah Kota Malang sebagaimana terlampir pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 188/PMK.06/2008 tanggal 20 November 2008 tentang Penyelesaian Aset Bekas Milik Asing Cina jo Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 154/PMK.06/2011 tanggal 17 September 2011 sebanyak 10 (sepuluh) obyek.Kegiatan inventarisasi dan penelitian tersebut dimaksudkan sebagai bahan bagi TAD Wilayah X Surabaya dalam memberikan usulan/rekomendasi dan saran berkaitan dengan penyelesaian masalah ABMAC dengan mempertimbangkan kondisi terkini atas ABMAC dimaksud. Usulan/rekomendasi dari TAD Wilayah X Surabaya ini pada nantinya akan diteruskan melalui Keputusan Direktur Jenderal Kekayaan Negara atas nama Menteri Keuangan untuk memperoleh keputusan mengenai tindaklanjut atas ABMAC tersebut.

Tindaklanjut atas ABMAC yang dimaksud dapat berupa :
1.Pensertifikatan atas nama Pemerintah Republik Indonesia,
2.Pensertifikatan atas nama Pemerintah Daerah,
3.Dilepaskan penguasaannya dari Negara kepada pihak ketiga dengan cara pembayaran kompensasi kepada pemerintah dengan menyetorkannya kepada Kas Negara,
4.Dikembalikan kepada pemilik perorangan yang sah, atau
5.Dikeluarkan dari daftar ABMAC.Acara Final Hearing tersebut diawali sambutan sekaligus penyampaian hasil Inventarisasi dan Penelitian TAD Wilayah X Surabaya atas Aset Bekas Milik Asing (ABMAC) di Kota Malang oleh Ketua TAD Wilayah X Surabaya. Dalam sambutannya beliau mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Walikota Malang beserta jajarannya atas terselenggaranya acara Final Hearing atas Aset Bekas Milik CinaAsing (ABMAC) tersebut.“Tim Asistensi Daerah Wilayah X Surabaya telah melaksanakan kegiatan Inventarisasi dan Penelitian atas ABMAC di wilayah Kota Malang sebagaimana terlampir pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 188/PMK.06/2008 sebanyak 10 (sepuluh) obyek. Hal ini merupakan tindak lanjut atas kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Malang dengan Kantor Wilayah X DJKN Surabaya. Dan saya minta tindak lanjut MOU tersebut tidak hanya sampai disini saja. Tolong program-program yang perlu dikerjakan di tahun 2012 sesuai dengan spirit MOU agar direncanakan termasuk mengenai penganggarannya agar nantinya dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” ujar Ketua TAD Wilayah X Surabaya.Dari hasil inventarisasi, penelitian dan kajian dari Tim Asistensi Daerah Wilayah X Surabaya terhadap 10 Aset Bekas Milik Asing Cina (ABMAC) di Kota Malang diperoleh hasil sebagai berikut :
1.7 aset dengan rekomendasi ditindaklanjuti dengan pensertifikatan atas nama Pemerintah Kota Malang
2.1 aset dengan rekomendasi untuk dimantapkan status hukumnya menjadi Barang Milik Negara cq.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.2 aset dengan rekomendasi dilepaskan penguasaannya dari negara kepada pihak ketiga dengan cara pembeyaran kompensasi kepada Pemerintah dengan menyetor ke Kas NegaraKetua TAD Wilayah X Surabaya yang juga merupakan Kepala Kanwil X DJKN Surabaya menyampaikan bahwasannya usulan/rekomendasi dari Tim Asistensi Daerah Wilayah X Surabaya ini nantinya akan diteruskan kepada Menteri Keuangan untuk memperoleh keputusan mengenai tindaklanjut atas ABMAC tersebut. Dengan dasar Keputusan Menteri Keuangan ini Pemerintah Kota Malang melakukan pensertifikatkan aset tersebut ke Kantor Pertanahan setempat. Namun demikian, perlu diingat bahwasannya untuk tertib administrasi dan tata kelola aset Pemerintah Kota Malang, terhadap aset-aset tersebut sebelum masuk dalam Sistem Administrasi Barang Milik Daerah (SIMBADA) dan terdaftar sebagai aset Pemerintah Kota Malang harus dilakukan penilaian terlebih dahulu untuk menentukan nilai perolehannya. Kanwil X DJKN Surabaya selaku Pengelola Barang (Manajer Aset) di Republik Indonesia siap membantu Pemerintah Kota Malang untuk melakukan penilaian terhadap aset-aset tersebut.Pada kesempatan berikutnya Drs. Peni Suparto, M.AP, selaku Walikota Malang menyampaikan sambutan. “Jadi dengan telah diserahkannya tujuh aset ke Pemkot Malang kami menyampaikan rasa hormat dan terima kasih yang tinggi. Dan kami tidak menduga kalau secepat ini pekerjaan Bapak-bapak dari Tim Asistensi Daerah Wilayah X Surabaya sehingga kami harus angkat topi untuk hal ini. Dan kami akan menyikapi secara cepat pula mengenai permasalahan PT Sarinah, Sadean, dan Yayasan Taman Harapan. Mudah-mudahan tidak ada kendala dan bisa selesai dalam waktu yang cepat pula. Sekali lagi kami sampaikan terima kasih dan mudah-mudahan Bapak-bapak sukses selalu,” ujar Walikota Malang.Pada penghujung acara tersebut secara simbolis dilakukan penyerahan hasil Inventarisasi dan Penelitian atas Aset Bekas Milik Asing Cina dalam bentuk buku. Pernyerahan tersebut dilakukan oleh Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M. selaku Ketua TAD Wilayah X Surabaya kepada Drs. Peni Suparto, M.AP, selaku Walikota Malang dan diiringi dengan tepuk tangan yang meriah dari semua peserta yang hadir dalam ruangan tersebut.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga