Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Monday, July 11, 2011

PostHeaderIcon Rapat Pembahasan Hasil IP Oleh Tim Asistensi Daerah X Surabaya tanggal 07 Juli 2011

Seiring dengan telah selesainya pelaksanaan kegiatan Inventarisai dan Penelitian (IP) terhadap Aset Bekas Milik Asing/Cina (ABMA/C), Tim Asistensi Daerah X Surabaya (wilayah kerja Propinsi Jawa Timur) melaksanakan rapat pembahasan terhadap hasil pelaksanaan IP Aset Bekas Milik Asing/Cina (ABMA/C) pada tanggal 07 Juli 2011 bertempat di Aula Lantai 4 GKN II Surabaya yang dihadiri sekitar 30 peserta rapat termasuk seluruh anggota TAD Kanwil X DJKN Surabaya beserta beberapa pihak yang berkepentingan. Pelaksanaan rapat sendiri dipimpin dan dibuka oleh Dr. Lalu Hendry Yujana, S.E., Ak., M.M. selaku Ketua Tim Asistensi Daerah X Surabaya (wilayah kerja Propinsi Jawa Timur). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan rapat ini merupakan sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan IP terhadap 18 Aset Bekas Milik Asing/Cina (ABMA/C) yang berlokasi di Surabaya sesuai dengan rencana kerja yang dihasilkan dalam rapat Tim Asistensi Daerah X Surabaya di Kota Batu pada tanggal 23 dan 24 Mei 2011 yang lalu.Hal ini juga merupakan sebagai respon Kanwil X DJKN Surabaya terhadap kedatangan Ibu Tri Rismaharini selaku Walikota Surabaya yang berkepentingan dimana terhadap sekitar 18 aset sebagian besar merupakan aset yang berupa gedung yang digunakan sebagai sekolahan di Kota Surabaya. Dalam kunjungan sebelumnya Ibu Walikota Surabaya berharap agar terhadap aset tersebut sebisa mungkin untuk disertifikatkan atas nama Pemerintah Daerah Cq. Pemkot Surabaya dimana hal ini sesuai dengan solusi yang ada pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.06/2008 salah satunya yaitu disertifikatkan untuk instansi pemerintah yang ditunjuk (Pemda) mengingat kebutuhan Pemkot Surabaya atas gedung-gedung sekolah baru meningkat seiring dengan peningkatan jumlah anak usia sekolah dan sebagai wujud peran Kota Surabaya untuk menyediakan fasilitas pendidikan yang memadai demi kelancaran program pencerdasan bangsa. ”Segera setelah hasil pembahasan ini akan dilakukan final hearing dengan Ibu Walikota Surabaya. Dan dengan ini secara resmi rapat TAD Kanwil X DJKN Surabaya tanggal 07 Juli 2011 saya buka,” ujar Ketua Tim TAD X Surabaya pada sesi pembukaan rapat.
Kemudian rapat dilanjutkan dengan pembahasan hasil IP oleh masing-masing Tim. Pelaksanaan IP terhadap Aset Bekas Milik Asing/Cina (ABMA/C) dilakasanakan oleh 4 tim yang anggotanya berasal dari berbagai instansi seperti BIN, Kejaksaan, Kepolisian, Pertanahan, dan Pemda. Adapun hasil dari pembahasan tersebut adalah sebagai berikut :
1.Terdapat sekitar 13 aset yang penyelesaiannya yaitu disertifikatkan atas nama Pemerintah Daerah cq. Pemerintah Kota Surabaya.
2.Ada sekitar 2 aset yang penyelesaiannya disertifikatkan atas nama Pemerintah Daerah cq. Pemprov Jawa Timur.
3.Untuk 2 aset sementara dipending dulu untuk dilakukan penelitian dan peninjauan lebih lanjut terhadap aspek legal maupun fisiknya.“Terhadap dua aset dimana penguasaan fisiknya dilakukan oleh pihak ketiga bukan oleh oleh pemda dan kebetulan pihak tersebut sudah mengantongi sertifikat untuk aset tersebut perlu dilakukan pengkajian lebih lanjut dan mendalam terhadap aset tersebut ,” tutur Brigjen M. Mashuri , Wakil Tim TAD Kanwil X DJKN Surabaya yang juga Ketua BIN Propinsi Jawa Timur. Terkait dengan permasalahan 2 aset tersebut, Selain itu Ketua tim TAD Kanwil X DJKN Surabaya juga merencanakan beberapa program aksi sebagai berikut :
1.Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap kedua aset tersebut terutama untuk verpondingnya dimana hal ini merupakan peta dasar tanah sejak jaman belanda.
2.Agar segera dilakukan pengecekan data verponding maupun sertifikat yang telah terbit pada kantor pertanahan setempat.
3.Dilakukan pemanggilan terhadap para pihak yang merasa menguasai dan memiliki aset tersebut sekaligus permintaan keterangan dari pihak kantor pertanahan.
4.Peningkatan koordinasi TAD Kanwil X DJKN Surabaya dengan kantor pertanahan setempat dimana aset tersebut berada.

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga