Statistik Kunjungan

Jadwal Waktu Sholat Surabaya

Hubungi Kanwil X DJKN

Telpon : (031) 5615395
Fax : (031) 5615395
Email :
kanwildjkn.surabaya@gmail.com
aparatur_negara@yahoo.com

ANTARA - Berita Terkini

Berita Ekonomi

Berita Teknologi Informasi

Thursday, June 9, 2011

PostHeaderIcon Sosialisasi SIMAK BMN 2010 dan Aplikasi Persediaan 2010

Dalam rangka menyongsong pelaksanaan rekonsiliasi semester I tahun 2011, bertempat di Aula lantai 4 Gedung keuangan Negara II, Jalan Dinoyo nomor 111 Surabaya, Kanwil X DJKN Surabaya menyelenggarakan sosialisasi SIMAK BMN dan Aplikasi Persediaan 2010. Pelaksanaan sosialisasi diawali dengan sambutan dan pembukaan dari Heyang M. Kahuripi, S.H., M.H. selaku Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN). Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan soisialisasi SIMAK BMN 2010 dan Aplikasi Persediaan 2010 merupakan langkah antispasi dalam mengahadapi rekonsiliasi semester I 2011 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Juli 2011. SIMAK BMN 2010 mengacu pada PMK No 29/2010 tentang penggolongan/kodefikasi BMN dimana hal ini berbeda dengan SIMAK BMN tahun 2008 yang penggolongan kode barangnya mengacu pada PMK No. 97/2007. Oleh karena itu perlu dilakukan penyesuaian dengan adanya perubahan dalam sistim kodefikasi BMN, yaitu melalui launching SIMAK BMN 2010, Aplikasi Persediaan, dan Aplikasi Migrasi. Kanwil X DJKN Surabaya selaku pengelola barang (Aset Manajer) berkewajiban agar nantinya proses rekonsiliasi berjalan dengan lancar, dan berbagai permasalahan yang ada dapat segera diatasi. Beliau berharap agar semua peserta dapat mengikuti acara ini dengan seksama agar nantinya dapat mengaplikasikan dan mentransfer ilmunya pada satker dibawahnya masing-masing. Kepada Satker Korwil hendaknya harus memastikan bahwa data yang akan dilakukan migrasi harus sudah valid agar nantinya tidak terdapat data sampah, terdapat selisih, serta permasalahan lainnya.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Bpk Andoko selaku narasumber dari Kanwil X DJKN Surabaya. Paparan yang disampaikan oleh panyaji adalah masalah migrasi data. Latar belakang perlu dilakukannya migrasi data adalah adanya penggolongan dan kodefikasi BMN yang baru sesuai dengan PMK No. 29/2010 tentang Penggolongan/Kodefikasi BMN dan adanya perubahan database SIMAK BMN 2010 dan Aplikasi Persediaan 2010. Oleh karena itu diperlukan suatu tools yaitu berupa aplikasi migrasi yang bisa mengakomodir permasalahan ini. Dengan adanya aplikasi migrasi ini diharapkan dapat memudahkan dalam melakukan migrasi data, menciptakan keseragaman dalam melakukan migrasi, dan meminimalisir tingkat kesalahan dalam melakukan migrasi, dan membantu K/L dalam membuat kertas kerja migrasi. Proses migrasi untuk update kode lokasi dilakukan pada tingkat Kuasa Pengguna barang (KPB)/Pembantu KPB kecuali untuk satker yang sudah tidak aktif (pasif/mati), proses migrasi dilakukan pada tingkat selain KPB/Pembantu KPB.Proses migrasi sendiri terbagi dalam tiga tahap, yaitu tahap pra pelaksanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap penyelesaian. Pada proses migrasi dimungkinkan terdapat BMN yang tidak termigrasi, hal ini dikarenakan Kode BMN yang digunakan tidak sesuai dengan peraturan sebelumnya, yaitu PMK 97/2007 dan juga terdapat transaksi perubahan dan/atau penghapusan BMN tetapi tidak memiliki transaksi perolehan BMN. Dengan dilakukannya proses migrasi ini akan berdampak pada :
1.Perubahan Kodefikasi BMN dan NUP.
2.Pencetakan ulang label, DBR, DBL, dan KIB.
3.Kemungkinan pergeseran Akun Neraca.
4.Kemungkinan data tidak termigrasiPada proses Sosialisasi SIMAK BMN 2010 dan Aplikasi persediaan 2010 juga dilakukan latihan bersama (study kasus) mulai dari proses instalasi database SIMAK BMN 2010, Instalasi Aplikasi Persediaan 2010, Instalasi Simak BMN 2010, Instalasi Aplikasi Migrasi Simak dan Persediaan, dan proses migrasi data sendiri. Semua perserta mengikuti acara pelatihan dalam sosialisasi ini dengan antusias dimana hal dapat dilihat dengan banyaknya peserta yang mengajukan berbagai pertanyaan pada panitia. Selama pelaksanaan latihan banyak muncul permasalahan dimana ada yang langsung dapat ditangani dan ada pula yang belum dapat ditangani. Permasalahan yang muncul meliputi :
1.Laporan persediaan pada Aplikasi persediaan 2010 dan aplikasi konversi persediaan di beberapa peserta yang tidak berhasil /tidak bisa dicetak (versi update 6 Juni 2011).
2.Ada beberapa peserta yang tidak bisa mencetak label pada Aplikasi SIMAk 2010.

Untuk berbagai permasalahan yang belum terselesaikan diminta kepada para peserta agar mencatat dan mengumpulkannya kepada panitia untuk kemudian disampaikan ke Kantor Pusat DJKN agar segera mendapatkan pemecahannya

0 comments:

Post a Comment


Konfersi BMN Terbaru Klik Disini

klik untuk download layanan unggulan

Pengumuman Lelang

Pengumuman Lelang
klik untuk melihat pengumuman

Arsip Berita

Opini LKPP

Opini Atas Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2009 dan 2008 dapat diunduh di sini.

Currency - Jual - Beli

Indeks Saham BEJ

Berita Olah Raga